Sejarah Perjalanan Pesawat Indonesia Vampire AURI ke India - Kaca Tama

Kaca Tama

Baca-baca aja dulu siapa tau penemuan...

Breaking

Friday, April 26, 2019

Sejarah Perjalanan Pesawat Indonesia Vampire AURI ke India



Sebelum meninggal kan Indonesia, nomor registrasi pesawat Vampire AURI yang dijual ( ada yang mengatakan juga di hibahkan ) ke India ini, diganti menjadi BY601 - BY608. Kedelapan pesawat mengudara dari Lanud Andir Bandung pada 8 Maret 1963 menuju persinggahan pertama nya di Lanud Changi Singapura. Pesawat beserta awaknya istirahat satu hari. Esoknya terbang lagi menuju ke Butterworth, Penang, Malaysia. Badai dan petir menyerang sesaat setelah mendarat di Lanud yang dioperasikan oleh RAF ini.

Penerbang dilanjutkan kembali pada 9 dengan menyisir Semenanjung Malaya menuju Bangkok, Thailand, dan mendarat di Lanud Don Muang Bangkok. Setelah istirahat sehari, penerbangan dilanjutkan menuju ke Burma ( Myanmar ) dan mendarat di Mingladon, Rangoon.

Etape selanjutnya yang dituju adalah Chittagong, Pakistan Timur ( Bangladesh sekarang ). Ketika melewati Teluk Benggala terjadi badai, pesawat segera mendarat di Akyab. Setelah tiga hari menginap, perjalanan terakhir menuju Barrackpore dan hari berikutnya semua DH-115 ex AURI ini diserahkan ke No.1BRD Kanpur.
Kisah perjalanan Vampire AURI menuju India di ceritakan oleh Komodor Udara David Bouche yang terlibat langsung dalam operasi ini.
Source : A Magz

No comments:

Post a Comment